Minggu, 14 Oktober 2012

Membuat Blog


. Langkah-Langkah Membuat Blog

1) Masuk Pada Situs Penyedia Layanan BlogMulailah dengan masuk ke situs pembuatan atau pengembanganblog yang gratis misalnya 
http://wordpress.com/ atauhttp://id.wordpress.com/ (blog layanan berbahasa indonesia)

Atau server lain yang juga melayani pembuatan atau pengembangan blog yaitu http://www.blogger.com adalah layanan yang paling gampang, gratis, dan paling banyak digunakan orang.


2) Create Account (Mendaftar)Setelah situs terbuka, kliklah CREATE YOUR BLOGNOW (Daftarkan Sekarang). Sebagai catatan penting untuk membuat sebuah blog wajib punya alamat email. Selanjutnya Anda akan diminta mengisi sebuah blanko isian mengenai: nama pengguna (username), kata sandi (password), alamat email (email address). Username dan password ini jangan sampai hilang atau lupa karena akan selalu ditanyakan saat Anda mengisi atau mengedit blog dengan tulisan-tulisan baru.


3) Memberi nama (name yourblog)Setelah Anda mendaftar, masuklah ke menu membuat blog baru (create a newblog). Anda akan membuat blog sekarang. Anda akan diminta membuat nama blog (blog title), uraian blog (description), dan alamat blog. Ini adalah alamat standar blog jika Anda menggunakan blogger.com sebagai server gratisan Anda, contoh :


Selanjutnya ketik “verification word” sesuai petunjuk yang ada, bila Anda sudah yakin sudah benar klik tombol continue

Kini Anda diminta memberi nama blog Anda. Setelah dinama terisi, lanjutkan dengan klik continue. Blog Anda telah dibuat mulailah mengisi blog Anda

4) Memilih disain blog (choose your template)Setelah itu Anda mesti merancang/mendesain blog Anda.Tidak perlu repot, server sudah menyediakan berbagal pllihan rancanqan (template desain), dan Anda tinggal memilih salah satu diantara banyak desain yang ada.

Klik saja satu desain yang Anda suka. Desain ini nanti juga bisa Anda ubah-ubah sesuka Anda nantinya. Setelah Anda memilih salah satu desain yang ada selanjutnya tekan tombol continue. Sekarang Anda sudah siap memasuki dunia internet, dunia tanpa batas.

Setelah pembuatan blog, selebihnya Anda perlu menguasai berbagai hal teknis perancangan dan penampilan blog dengan menggunakan pilihan menu yang terdapat di dalam blog, seperti melihat-lihat naskah, pengubahan disain template, menulis dan memasukan naskah-naskah baru, mengedit naskah-naskah yang sudah Anda publikasikan dengan cara sederhana yang mirip dengan fasilitas Microsoft Word (menebalkan, atau memiringkan huruf, memasukkan gambar, dan lain-lain), dan sebagainya.



5) Mengisi BlogPada menu Posting Create untuk membuat posting baru. Contoh Untuk pengisian pertama kali, 








Selanjut ketik isinya, jika sudah yakin benar tekan tombol Publish


Gambar diatas menunjukkan bahwa posting yang ada lakukan sukses

Klik View Blog untuk melihat posting yang baru saja anda lakukan, seperti pada gambar di bawah ini.

6) Mengelola dan Meng-update BlogSecara fungsional blog Anda sebenarnya sudah jadi. Anda tinggal mengisi blog dengan tulisan-tulisan secara rutin sesuai tema yang telah Anda tentukan. Anda juga bisa melakukan pengeditan terhadap berita yang sudah terposting atau masih tersimpan pada blog dengan cara klik Edit Posts dari Menu Posting, seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah ini.

Anda juga bisa menghias blog dengan rupa¬rupa aksesoris. Beberapa aksesoris yang perlu dan umumnya dipasang dalam blog misalnya adalah kotak "tegur sapa" (shoutbox), buku tamu (webcounter), dan mesin pencari kata/informasi (search engine).


6. Tips Penulisan BlogBlog adalah salah satu bentuk media yang menggunakan halaman-halaman web sebagai sarana untuk menuliskan artikel, berita, opini, anekdot, can sebagainya. Halaman web memiliki sifat yang sangat berbeda dengan halaman media cetak.

Karena itu, jika Anda hendak menulis naskah untuk blog Anda, memperhatikan hal-hal berikut ini:


1) Ketiklah naskah dengan program NotePad atau program-program sejenis (bukan program pengolah kata seperti Ms Word dan sebagainya). Penulisan naskah dengan pengolah kata seperti Ms Word biasanya menghasilkan banyak "karakter aneh" saat diproses
2 )Umumnya orang ingin membaca berita-berita di internet secara cepat. Selain karena malas lama-lama "memelototi" layar monitor, mereka juga diburu-buru oleh mahalnya pulsa internet. Karena itu, gaya bahasa pada media on-line pun hendaknya disesuaikan dengan hal ini. Harus ringkat, padat, dan menarik atau gunakan bahasa gambar


7. Referensi1. http://www.ilmukomputer.com/uu/index.php

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

formulasi

Copyright © 2012. GURU..mutan - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz